Langsung ke konten utama

PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)


1.Pengertian Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer (hardware) adalah komponen-komponen yang terdapat pada komputer yang bersifat nyata,dapat dilihat dan diraba bentuknya secara langsung yang berfungsi sebagai pendukung proses kerja komputer,sedangkan  data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya disebut perangkat lunak (software),yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
2. Jenis-Jenis Hardware
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
a.input divice (unit masukan)
Unit masukkan ini berfungsi sebagai media memasukkan data dari luar ke dalam memori atau processor untuk diolah sehingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Alat input terbagi menjadi dua jenis yaitu:
1. Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung kemudian diproses oleh alat pemroses. Contohnya :
·         Keyboard
Alat input yang berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
·         Mouse
Alat input yang memiliki fungsi yaitu untuk memindah pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
·         Tauchpad
Unit ini biasanya ditemukan pada laptop atau notebook,cara menggunakannya yaitu dengan sentuhan jari. Unit ini bisa digunakan sebagai pengganti fungsi mouse.
·         Barcode
Unit ini juga  termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka yang biasanya terdapat pada produk-produk makanan,minuman serta produk lainnya.
2. Peralatan input tidak langsung,yaitu input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya :
·         Punched Card
·         Disket
·         Harddisk

b. Process device (unit Pemrosesan)
Process device (unit Pemrosesan) Unit ini berfungsi sebagai media untuk mengolah data dari luar agar menghasilkan informasi yang diperlukan. Contohnya :
·         Prosesor 
Prosesor atau yang biasanya disebut dengan CPU adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi.
·         RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.
·         Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, yang biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.

c. Output device (unit keluaran)
Output device (unit keluaran) adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang sebelumnya telah diproses oleh CPU.
Contohnya :
·         Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device yang berfungsi menampilkan gambar hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.
·         Printer
Printer merupakan perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenisnya ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
·         Speaker
Speaker adalah alat transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

d. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Data storage adalah suatu unit yang berfungsi sebagai penyimpan data-data.,informasi,instruksi maupun program. Peralatan ini mempunyai kapassitas daya tampung yang dihitung menggunakan byte.Biasa disebut juga dengan kata memory (tempat penyimpanan atau penampung data dan program).Contohnya :
·         Hard Disk Drive (HDD)
Hard disk drive adalah perangkat penyimpanan data yang juga berfungsi sebagai boot device utama.Kapasitasnya mulai 10,20,40,80 bahkan sampai 200 Giga Byte.Sedangkat kecepatannya dihitung dengan RPM (Rotation per Minute).Ini fitur berputar piring-piring yang kaku pada poros motor-driven dalam kandang pelindung. Data magnetis dibaca dari dan ditulis ke piring dengan membaca / menulis kepala yang mengapung di sebuah film udara di atas piring-piring. Diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1956, hard disk drive telah menurun dalam ukuran biaya dan fisik selama bertahun-tahun sementara secara dramatis meningkatkan dalam kapasitas.
·         Diaket
Disket atau floppy disk adalah alat penyimpan data yang berupa lembaran plastik tipis dan datar yang terbungkus dalam penutup plastik 3,5 inci. Data dan program disimpan dalam disket berbentuk titik-titik magnetik, sesuai pola on/off standar dan representatif data (misalnya ASCII).
·         Flashdisk
Flashdisk adalah alat penyimpanan data yang memiliki alat penghubung yaitu USB yang terintegrasi.flashdisk biasanya berukukuran kecil.
e. Periferal ( unit tambahan)
Perangkat tambahan merupakan peralatan yang digunakan untuk mengoptimalkan kerja komputer contohnya: kartu suara (sound card), kartu grafis (VGA card),TV tuner,modem,Perangkat jaringan komputer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah – istilah Dalam Komputer

Ø   Automatic Stop Penghentian jalannya program komputer secara otomatis oleh alat pendeteksi karena ditemukannya kesalahan pada proses operasi program tersebut. Ø   Autoplotter Sebuah mesin yang secara otomatis akan menggambar grafik berdasarkan data yang dimasukkan. Ø   Auto Shapes Kemampuan program pengolah kata untuk membuat teks secara tiga dimensi, kotak tiga dimensi, kotak teks dan lain-lain. Ø   Binary Synchronous Transmission Transmisi data dengan sinkronisasi karakter yang dikendalikan oleh tanda waktu dari stasiun pengirim dan stasiun penerima. Ø   Bindery Database jaringan yang berisi definisi untuk entitas pengguna, group, workgroup, dll. Ø   Binding Time Waktu pada saat sebuah compiler mengganti sebuah nama simbolis atau alamat simbolis ke dalam bentuk bahasa mesin. Ø   Command File File yang berisi program atau sejumlah instruksi untuk pelaksanaan beberapa perintah DOS. Ø   Command Level Tingkat kemampuan seseorang untuk memberikan perintah dalam pengendalian sistem ko

PERANGKAT LUNAK KOMPUTER (SOFTWARE)

Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Sesuai dengan nama lainnya,perangkat lunak mempunyai sifat yang berbeda berbeda dengan hardware atau perangkat keras. Jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat dilihat dan disentuh oleh manusia, maka software atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, akan tetapi software hanya benda bisa di operasikan. Pengertian Software Software atau perangkat lunak adalah kumpulan instruksi  yang data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, yang berupa program atau instruksi serta berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware, menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem. Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan   yang diperlukan oleh   komputer untuk menjalan

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER

1.        Pengertian Komputer Komputer  adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Asal mulanya komputer ekslusif berfungsi dalam membantu persoalan aritmatika, namun kemudian modern ini fungsi tersebut menjadi lebih luas, komputer dapat digunakan tidak hanya dalam menyelesaikan masalah aritmatika bahkan masalah berbagai aspek kehidupan dapat dibantu penyelesaiannya menggunakan komputer. 2.        Penemu Komputer Vincent Atanasoff  lahir pada 4 Oktober 1903 di Hamilton, New York, namun dibesarkan di Brewster, Florida. Sejak kecil Atanasoff telah menunjukkan ketertarikannya pada matematika. Anak seorang insinyur listrik ini pun tak mengalami banyak hambatan saat mereguk ilmu di bangku sekolah. Bahkan